Skip to main content

Dalam dunia design mungkin istilah typography sudah tidak akan asing lagi dan cukup familiar. Namun apakah kamu tau apa itu typography? Bisa dikatakan typo artinya mengenai tulisan ataupun huruf, dan bisa dikatakan bahwa typography itu ilmu yang mempelajari tentang huruf. 

Adapun pengertian typography secara umumnya yaitu seni dan teknik memilih dan menata huruf dengan mengatur distribusi pada ruang yang tersedia kemudian menciptakan kesan tertentu demi kenyamanan pembacanya. Namun selain itu typography juga memiliki tujuannya, diantaranya: 

  1. Meningkatkan & mengoptimalkan “nilai” untuk dibaca 
  2. Menciptakan hubungan yang konsektual, dalam arti saling berhubungan satu sama lain. 
  3. Memberikan informasi yang berarti dan menunjukkan hierarki (karena huruf yang terkumpul jadi kalimat & bisa memberikan makna pada pembacanya). 
  4. Menciptakan kesadaran dan menunjukkan keberadaan 
  5. Mengkomunikasikan emosi 

Dari tujuan diatas typography tentu memiliki fungsi yang dimana terdapat dua fungsi dari typography tersebut, diantaranya:

  1. Readibilitas

Fungsi dari readibilitas ini yaitu bahwa typography memudahkan bagi para pembacanya ketika membaca teks atau sebuah tulisan yang ada dihadapannya.

  1. Legibilitas  

Fungsi dari legibilitas ini yaitu sesuatu yang memberikan kemudahan untuk mengenali setiap huruf dan kata yang kita temukan.

Pada intinya, typography merupakan pemilihan serta penataan hal-hal yang bertalian dengan penyusunan susun huruf, yang bertujuan untuk memudahkan pembacanya. 

Artikel Terkait 

Ingin konsep tampilan sosial mediamu lebih rapih dan estetik? Bisa banget!! Karena sekarang kalian bisa gunakan jasa by Creativedesign.id yang siap bantu kamu tuntaskan persoalan tampilan sosial media mu! Konsultasikan sekarang juga, FREE !!!

Leave a Reply

Chat kami...
1
Butuh bantuan...?
Hi...
Jika Anda butuh bantuan, Chat kami disini ya...!!!