Skip to main content

Melakukan profesi sebagai seorang Grapic Design tentunya perlu menggunakan aplikasi-aplikasi atau alat yang mendukung untuk kegiatan tersebut. Pada umumnya pun seorang Grapic Design menggunakan komputer ataupun laptop dan tablet, sangat jarang seorang Grapic Design menggunakan handphone karena ada beberapa aplikasi yang tidak mendukung di handphone, sehingga lebih efektif dikerjakan melalui alat yang tadi sudah disebutkan.

Jenis aplikasi yang biasanya digunakan pun berbagai macam dan berbagai fungsinya pun berbeda tiap aplikasi, berikut beberapa aplikasi yang paling sering digunakan Grapic Design diantaranya sebagai berikut: 

Adobe Photoshop 

Masyarakat lebih sering menyebutnya dengan Photoshop, yang merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak untuk editor foto atau gambar yang di keluarkan Adobe Systems  dikhususkan untuk pengeditan foto atau gambar dan pembuatan efek, atau biasa disebut layer style. Aplikasi ini yang paling sering dan yang paling utama untuk editing foto maupun pembuatan filter di kalangan Grapic Design dan juga fotografer, dengan tools yang bervariasi dan aplikasi ini lebih efektif digunakan orang banyak. Photoshop pun bisa di install di handphone dan banyak yang menginstal untuk keperluan pembuatan filter.  

Adobe Illustrator 

Mungkin sebagian orang awam akan asing mendengar mengenai Adobe Illustrator (Ai), namun bisa saja sebagian pun sudah mengetahuinya. Dikalangan Grapic Designer pun aplikasi ini sudah termasuk familir, di samping Adobe Photoshop aplikasi Ai ini pun sama digunakannya dalam bidang design. Aplikasi ini pun sama-sama untuk mengedit namun pada Ai lebih di peruntukan untuk vektor atau pun pembuatan logo, yang dimana proses editingnya lebih mendetail dan akan lebih bagus menggunakan aplikasi Ai ini. Adapun kelebihan lainnya dari Ai ini yaitu cocok untuk menggambar kartun dan ilustrasi mampu menghasilkan warna yang lebih smooth, dan dapat digunakan untuk konten publishing.

Corel Draw

Salah satu aplikasi yang dibutuhkan seorang Grapic Design ialah Coreldraw, mengapa demikian? Coreldraw merupakan software yang berorientasi pada objek dan layar. Coreldraw memiliki sejumlah kelebihan dan salah satunya ialah saat membuat desain diperbesar atau zoom. Berapapun perbesaran yang dilakukan, gambar tidak pecah. Sehingga desainer dapat lebih detail saat menggunakan desainnya. Kelebihan lain dari Coreldraw yaitu lebih user friendly, mendesain tipografi dalam hal tipografi. CorelDraw bisa digunakan untuk membuat desain font, format export/import lebih lengkap, resolusi tinggi, dan ramah di percetakan. 

Itulah beberapa aplikasi yang biasanya paling sering digunakan oleh Grapic Design untuk melakukan suatu pekerjaan di bidang design grafis. 

Artikel Terkait 

Untuk segala urusan mengenai Design Grafis untuk usaha serahkan pada Creativedesign.id karena kami menyediakan jasa desain grafis untuk membantu segala persoalanmu dan konsultasikan terlebih dahulu kepada kami, GRATIS!! 

Leave a Reply

Chat kami...
1
Butuh bantuan...?
Hi...
Jika Anda butuh bantuan, Chat kami disini ya...!!!