Skip to main content

Berbelanja sudah menjadi suatu kebutuhan yang paling pokok dalam kehidupan sehari-hari, berbelanja kini tidak hanya dilakukan secara langsung antar penjual dan juga pembeli. Semakin pesatnya perkembangan zaman, berbelanja kini tidak perlu lagi bertatap muka dengan sang penjual. Berbelanja kini dapat lebih praktis dan juga efisien waktu dan tenaga, mulai dari kebutuhan pokok makanan hingga peralatan rumah tangga kini kamu dapat dengan mudah mendapatkan itu semua. Berbagai marketplace serta aplikasi pendukung yang dapat kamu instal melalui smartphone kamu, karena teknologi tersebut kini para penjual dapat memajang produk yang mereka jual dengan sangat mudah. 

Namun bukan berarti pedagang yang belum beralih ke teknologi yang lebih canggih lebih tertinggal, namun dalam segi marketing penjualan melalui online kini lebih mempermudah target pasar dan juga transaksi. Itu semua memang menguntungkan, namun masih ada saja oknum yang tidak bertanggung jawab dalam penjualan online ini. Sehingga banyak kekhawatiran yang terjadi di masyarakat.

Nah, disini kami akan memberikan tips seputar berbelanja yang aman di online shop, apa saja? Simak tips nya dibawah sini ya! 

  1. Kenali Branding Online Shop Tersebut 

Usahakan untuk kamu para produsen yang ingin berbelanja online pastikan melalui website resmi ataupun sudah terbukti legalitasnya. Serta yang sudah memiliki aplikasi resmi yang sudah terbukti keamanannya oleh banyak produsen. 

  1. Pastikan Online Shop Memiliki Beberapa Platform 

Sering menemukan beberapa online shop yang bertebaran diluar sana mempromosikan produknya mulai dari A-Z, namun kalian sebagai pembeli harus senantiasa teliti dalam mencari tahu. Pastikan online  shop tersebut memiliki beberapa sosial media, misal seperti Instagram, Facebook, Hingga aplikasi marketplace resmi seperti Shopee dan yang lainnya.

  1. Hindari Online Shop Yang Sering Mengganti Nomer 

Banyak oknum jahat yang memanfaatkan sosial media ini sebagai media kejahatan demi menarik para korbannya. Terkadang masih banyak produsen dan konsumen yang bertransaksi melalui media Whatsapp. Harus lebih berhati-hati lagi jika online shop tersebut memiliki banyak nomer untuk digunakan transaksi. Jika mereka sering mengganti nomer dalam jangka waktu yang dekat, usahakan untuk tidak melanjutkan transaksi. 

  1. Wajib Memperhatikan Review Customer 

Jika penjual menonaktifkan atau membatasi kolom komentar pada produk yang ditampilkan, itu berarti mereka sedang menutupi komentar customer yang ingin memberikan nilai pada produk tersebut. Dan selalu pastikan dengan teliti jika review customer lebih banyak yang memberikan respon negatif harus bertindak tegas dan lebih baik mencari onlineshop lainnya.

  1. Periksa Rekening Penjual 

Maraknya penipuan melalui media sosial, kini pada akhirnya pemerintahan yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengeluarkan website resmi. Dimana website tersebut dapat membantu masyarakat untuk memastikan rekening tersebut benar terdaftar dan tidak memiliki riwayat kejahatan dalam segi apapaun. Kini kamu bisa cek melalui situs cekrekening.id. 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika sedang berbelanja melalui online, entah itu melalui platform atau pun melalui marketplace. So, lebih berhati-hati lagi dalam melakukan transaksi melalui online. Be smart and be careful. 

Artikel Terkait 

Ingin tampilan platform lebih menarik dan tentunya profesional? Kini kami bisa berikan solusinya! Creativedesign.id bisa bantu kamu dalam segi pembuatan design ataupun identitas usaha kamu. Yuk, segera konsultasikan sekarang juga bersama kami, FREE!! 

Leave a Reply

Chat kami...
1
Butuh bantuan...?
Hi...
Jika Anda butuh bantuan, Chat kami disini ya...!!!