Skip to main content

Bulan suci ramadhan menjadi bulan yang paling dinantikan oleh umat muslim yang ada di dunia. Segala sesuatu yang dikerjakan ketika berpuasa tentunya akan membawakan hal-hal baik, namun biasanya masyarakat yang sedang menjalankan ibadah puasa ini sering kali menjadikan alasan untuk bermalas-malasan. Dengan menahan lapar dan dahaga selama kurang lebih 12jam biasanya aktivitas yang dilakukan hanya tidur dan bermalas-malasan. Padahal banyak hal yang bisa dilakukan selama bulan ramadhan, berikut tips agar aktivitas lebih produktif di bulan puasa. 

Usahakan selalu menyempatkan untuk sahur 

Ini menjadi salah satu hal yang paling utama dan paling penting, asupan yang kita konsumsi menjadi salah satu pondasi agar kita tetap memiliki energi untuk melakukan segala aktivitas dihari tersebut. Orang yang tidak menjalankan sahur pasti akan lebih mudah lelah dan juga tidak bersemangat, dan usahakan konsumsi air putih sebanyak mungkin agar terhindar dari dehidrasi. 

Jangan tidur sehabis subuh 

Agar tubuh tetap fresh, usahakan tidak tidur selepas subuh. Hampir sebagian orang pasti melanjutkan tidur selepas ibadah solat subuh, namun jika kamu melakukan pekerjaan dan tidur lagi itu akan lebih baik. Itu karena tingkat konsentrasi di pagi hari masih dalam kategori yang baik. Usahakan lakukan pekerjaan yang pentingpenting terlebih dahulu untuk memulai aktivitas, sebelum tenaga semakin terkuras dan kurang bersemangat. 

Prioritaskan Pekerjaan Yang Penting Sebelum Tengah Hari 

Memiliki pekerjaan di bulan puasa akan lebih baik jika dikerjakan atau dilakukan pada awal-awal memulai hari, usahakan untuk mengutamakan prioritas terlebih dahulu. Jika pekerjaanmu menumpuk alangkah lebih baik mengerjakan yang paling utama dulu sebelum waktu dzuhur. Itu karena energi dipagi hari masih sangat baik dan belum cukup menguras tenaga, berbeda jika dikerjakan diwaktu lewat tengah hari, rasa kantuk dan malas akan hadir perlahan dan membuat kualitas kerja menjadi menurun. 

Biasakan untuk melakukan olahraga ringan 

Bulan puasa bukan menjadi halangan untuk melakukan olahraga, meskipun sedang berpuasa kamu dapat melakukan olahraga yang ringan saja guna menambah keseimbangan tubuh. Menghadap layar monitor selama berjam-jam akan membuat tubuh menjadi lelah, tidak ada salahnya melakukan stretching sambil meregangkan otot-otot agar fungsi otak kembali bekerja dan fokus. 

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk agar aktivitas sehari-harimu ketika berpuasa lebih produktif dan lebih bermanfaat lagi bagia tubuh dan kesehatan. Puasa bukan alasan untuk kita bermalas-malasan dan tidak melakukan hal-hal yang positif dan bermanfaat. 

Artikel Terkait 

Bulan Ramadhan perlu isi konten untuk memenuhi tampilan sosial mediamu? Tentu bisa!! Tim Creativedesign.id bisa bantu kamu menentukan konten dengan ide berkonsep ramadhan. Tunggu apalagi? Klik sekarang juga!!! 

Leave a Reply

Chat kami...
1
Butuh bantuan...?
Hi...
Jika Anda butuh bantuan, Chat kami disini ya...!!!