Skip to main content

Dalam dunia marketing penggunaan kalimat ajakan atau persuasif sangat diperlukan, tentu ini merupakan hal yang sangat penting dan menjadi kunci utama.  Dimana hal ini bertujuan, agar calon konsumen dapat melirik pada produk atau jasa yang ditawarkan. Namun dalam dunia marketing atau di suatu perusahaan kini sangat dibutuhkan kemampuan dalam mempersuasif konsumen melalui tulisan. 

Banyak perusahaan yang kini membutuhkan jasa copywriting dan juga content writing, namun jika dilihat sekilas mungkin jobdesk nya dapat dikatakan hampir sama. Mengapa dikatakan sama? Karena tugas dari copywriting dan content writing sama-sama menulis. 

Lalu, apa yang membedakan copywriting & content writing? 

Copywriting merupakan suatu materi konten pemasaran yang berisikan informasi mengenai suatu perusahaan, guna mengajak masyarakat untuk melakukan pembelian terhadap sutau produk tersebut. Copywriting ini bersifat persuasif karena menekankan kepada audiens agar tertarik hingga dapat melakukan transaksi. 

Sedangkan Content Writing merupakan suatu materi konten yang ditulis secara baik, yang didalamnya berisikan informasi seputar tips-tips atau edukasi lainnya. Content Writing ini bersifat mengedukasi para pembacanya melalui tulisan yang dibuatnya tersebut. 

Kemudian dalam segi tujuannya, diantara copywriter dengan content writer memiliki tujuan yang berbeda. Dimana untuk copywriter ditujukan untuk mendatangkan audiens dan juga bersifat jangka pendek. Dimana salah satunya untuk memenuhi target pasar dalam penjualan suatu produk atau jasa. Sedangkan Content Writer bertujuan untuk meningkatkan brand awareness, serta menciptakan image yang baik untuk perusahaan tersebut dengan memberikan informasi-informasi yang bermanfaat. 

Selanjutnya dalam segi penugasannya, untuk Copywriting biasanya harus melakukan observasi terlebih dahulu terhadap suatu produknya. Sedangkan untuk Content Writing hanya perlu mengandalkan sistem SEO dan lebih membuat kalimat yang lebih menarik dan potensional. 

Untuk yang berikutnya bisa dilihat dalam segi gaya penulisan yang digunakan, pada Copywriting gaya bahasa biasa yang digunakan akan lebih pendek dan simple, karena sifatnya yang persuasif dan diperlukan kalimat yang mudah dimengerti dan dipahami dalam waktu singkat. Sedangkan untuk Content Writing diperlukan gaya bahasa yang cukup formal dan dilengkapi dengan kaidah penulisan yang baik dan benar. 

Terakhir dapat dilihat dari segi penggunaan media, untuk Copywriting biasanya penggunaan media untuk publikasi menggunakan sosial media atau platform lainnya seperti poster, billboard dan media lain yang mudah dijangkau audiens. Sedangkanya untuk Content Writing lebih kepada penggunaan media yang lebih spesifik seperti blog, website atau situs lainnya. 

Itulah beberapa perbedaan yang membedakan antara Copywriting dengan Content Writing. Meskipun keduanya sama-sama memiliki tugas yang hampir sama yaitu menulis, namun diantara keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. 

Artikel Terkait 

Bisnismu perlu menggunakan jasa copywriting? Atau content writing? Konsultasikan bersama kami sekarang juga!! Karena di Creativedesign.id kamu bisa konsultasi terlebih dahulu, FREE!!!

Leave a Reply

Chat kami...
1
Butuh bantuan...?
Hi...
Jika Anda butuh bantuan, Chat kami disini ya...!!!