Skip to main content

Penggunaan media sosial kini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, masyarakat tidak akan bisa terlepas dari media sosial karena hampir seluruh informasi didapatkan melalui media sosial. Sehingga masyarakat tidak akan ragu untuk mengakses apapun yang ada di media sosial. Namun media sosial memang bisa dijadikan sebagai wadah untuk mata pencaharian salah satunya sebagai alat pertukaran informasi dan juga biasa digunakan sebagai alat untuk bertransaksi. 

Kini segalanya bisa kita lakukan melalui media sosial, apalagi mayoritas kini masyarakat sudah mengakses beberapa media sosial. Misalanya seperti Instagram, Facebook, Youtube, Tiktok, Twitter dan yang lainnya. Namun, terkadang kita bisa menerima beberapa pengaruh yang berdampak pada aktivitas sehari-hari. Ada beberapa individu yang bisa memberikan pengaruh terhadap gaya hidup kita, banyak yang menyebutkan bahwa individu tersebut dilabeli sebagai “influencer”. 

Namun, apa sih sebenarnya seorang influencer itu? Influencer merupakan seseorang / individu yang memiliki jumlah pengikut yang cukup banyak di media sosial, mulai dari ratusan bahkan jutaan pengikut. Seorang influencer pun juga diharuskan dapat memberikan pengaruh terhadap para pengikutnya. Karena point utama dari seorang influencer itu mampu memberikan pengaruh terhadap audiens hingga audiens dapat mengikuti apa yang disampaikan oleh seorang influencer tersebut. Influencer juga menjadi salah satu strategi pemasaran di era digital ini, karena memang sebesar itu pengaruhnya dari seorang infulencer dengan catatan memang influencer tersebut sudah memiliki personal branding yang baik. 

Tapi, apakah influencer hanya ada di media sosial Instagram saja? Karena mayoritas seorang influencer lebih aktif dan banyak dikenal di media sosial Instagram, dan masyarakat lebih familiar dengan sebutan “Selebgram” atau Selebritas Instagram. Dan mereka yang dijuluki sebagai selebgram biasanya sering melakukan aktivitas endorsment, dimana mereka mempromosikan suatu produk atau jasa kepada audiens melalui instagram. Entah itu berupa foto atau video di feed dan instastory. Sehingga hampir segala kegiatannya mereka lakukan di Instagram. Tapi bukan berarti seorang influencer hanya bisa melakukan kegiatan di Instagram saja, karena influencer merupakan seseorang yang dapat memberikan pengaruh. Media sosial hanya sebuah wadah, sehingga Instagram bukan hanya media yang diharuskan untuk seorang influencer. Influencer kini banyak beralih dan memanfaatkan media sosial lainnya, salah satunya Youtube dan Tiktok. 

Dikarenakan masyarakat memiliki sifat konsumtif dan segalanya tidak bisa hanya dilakukan di satu wadah saja, oleh sebab itu beberapa influencer kini banyak memanfaatkan media sosial sebagai wadah lagi untuk menarik perhatian audiens. Youtube biasa digunakan untuk membuat konten berupa video yang berdurasi cukup lama, dimana untuk Youtube biasanya seorang influencer disebut sebagai “Youtuber”. Berbeda dengan media sosial TikTok, meskipun sama sepeti Youtube untuk membuat konten video namun TikTok berdurasi tidak selama Youtube. Biasanya influencer pengguna TikTok biasa disebut dengan “Seleb Tiktok” oleh para audiens atau para penggunanya. 

Dapat disimpulkan bahwa seorang “Influencer” bukan hanya mereka yang berada di media sosial Instagram saja, namun dapat ditemukan dibeberapa media sosial lainnya. Asalkan seorang influencer tersebut dapat benar-benar memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap apa yang telah disampaikannya kepada audiens. 

Artikel Terkait

Ingin Instagram bisnismu dilirik banyak calon pembeli? Creativedesign.id bisa bantu untuk sulap tampilan Feed Instagrammu agar lebih kece! Kapan lagi bisa dapetin tampilan feed Instagram dengan harga mura? Konsultasikan pada kami sekarang juga, FREE!!

Leave a Reply

Chat kami...
1
Butuh bantuan...?
Hi...
Jika Anda butuh bantuan, Chat kami disini ya...!!!