Skip to main content

Berbicara mengenai Brand Awareness, pasti ini menjadi salah satu hal yang paling penting di dalam dunia bisnis. Mengapa demikian? Karena ketika suatu brand dapat dikenal oleh masyarakat luas, maka dapat dikatakan bahwa brand tersebut berhasil mempengaruhi setidaknya ingatan di benak konsumen mengenai suatu brand tersebut. 

Ini seperti Brand Awareness, dimana brand awareness ini bisa kita sebut sebagai kesadaran merek. Brand Awareness merupakan kemampuan untuk membuat masyarakat atau calon konsumen untuk menyadarai akan adanya merek tersebut. Bukan sekedar merek saja yang diketahui oleh masyarakat, akan tetapi hingga kepada produk dan jasa yang ditawarkannya. 

Tapi terlepas dari itu, jadi seberapa pentingkah Brand Awareness tersebut?

Dilihat secara keseluruhan bahwa Brand Awareness itu amat sangat penting! Itu karena seberpengaruh itu terhadap suatu perusahaan. Oleh sebab itu brand awareness terdapat 4 tingkatan yang dimana konsumen dapat melakukan pegenalan merek terhadap 4 tingkatan ini, diantaranya sebagai berikut: 

  1. Unaware of brand (Tidak mengenali merek) 

Pada tingkatan ini termasuk kategori yang paling rendah dari sebuah brand awareness, karena tahap ini konsumen betu-betul belum mengetahui keberadaan merek tersebut. Ketika suatu perusahaan mengeluarkan suatu produk namun konsumen masih tidak mengetahui bahwa perusahaan tersebut mengeluarkan merek baru. 

  1. Brand Recognition (Pengenalan Merek)

Pada tingkatan ini, konsumen mulai mengetahui dengan keberadaan bahwa produk tersebut ada keberadaannya. Meskipun pada tingkatan ini konsumen belum bisa mengingat produknya, tapi konsumen bisa mengenali dari logo, nama ataupun komposisi lainnya dari produk tersebut. 

  1. Brand Recall (Pengingatan Ulang Merek) 

Pada tingkatan ini konsumen mampu mengingat suatu merek dari ingatan mereka. Ketika konsumen melihat suatu produk dengan sekilas, dan dalam jangka waktu beberapa lama mencari suatu produk namun yang tersirat produk yang sering dilihat dalam sekilas saja. Bisa jadi konsumen akan tertarik dengan produk sekilas yang sering muncul dan ketika mulai ada ketertarikan terhadap suatu produk, maka besar kemungkinan konsumen akan mencoba produk tersebut. 

  1. Top Of Mind (Puncak Pikiran) 

Pada tingkatan ini merupakan tingkatan yang paling tinggi diantara yang lain, mengapa demikian? Karena ketika seorang konsumen mengingat suatu produk yang diucapkan dan kata pertama yang keluar yaitu merek tersebut, maka konsumen tersebut sudah ada pada tahap tertinggi ini. Untuk bisa mencapai tahap ini perusahaan harus bisa mengidentifikasi hal yang paling berpotensi dari produk untuk target konsumen. Semakin konsumen mengingat akan brand tersebut, maka benefit yang didapatkan pun akan semakin meningkat. 

Artikel Terkait 

Tingkatan brand awareness perusahaanmu dengan beberapa point penting!! Konsultasikan bersama Creativedesign.id dan jangan sampai kualitas brandmu menurun! Tunggu apalagi? Konsultasikan segera, Free!!

Leave a Reply

Chat kami...
1
Butuh bantuan...?
Hi...
Jika Anda butuh bantuan, Chat kami disini ya...!!!