Skip to main content

Nyatanya masih banyak yang keliru diantara dua hal ini, e-commerce dan juga marketplace. Sekilas keduanya nampak hampir sama karena sama-sama untuk bertransaksi melalui online. Namun sebenarnya keduanya itu memiliki perbedaan lho teman-teman, jadi apa yang membedakan e-commerce dengan marketplace? 

Simak penjelasan pada artikel ini ya.

Elektronic Commerce atau biasa disebut dengan e-commerce merupakan situs online yang berdiri sendiri dan melakukan jual-beli melalui internet. Dimana e-commerce merupakan situs web yang menjual barang ataupun jasa. Akan tetapi e-commerce tidak akan lebih dari satu toko karena brand yang mereka jual hanya dijual di situs web, mulai dari transaksi hingga kesepakatan lainnya dilakukan di situs tersebut. Untuk promosi dalam e-commerce lebih fleksibel dan meluas, karena promosi bisa dilakukan oleh pihak yang membuat website tersebut. Target yang dijangkau pun akan lebih meluas dan lebih mudah mengidentifikasi konsumen, namun untuk pembuatan website memang diperlukan biaya pada awal pembuatannya. 

Berbeda dengan marketplace, meskipun keduanya sama-sama untuk bertransaksi jual-beli namun jangan sampai keliru dengan keduanya. Marketplace berbeda dengan e-commerce, bisa dikatakan bahwa marketplace merupakan suatu wadah untuk bertemunya para penjual dengan para calon pembeli disuatu platform. Bisa dikatakan pula bahwa marketplace seperi pasar namun versi online nya. Didalam marketplace siapa saja bisa berjualan, dari brand yang mungkin sudah dikenal banyak orang, hingga brand yang kurang dikenal. Namun dari segi biaya siapa saja bisa menggunakan marketplace sehingga tidak ada biaya apapun untuk menggunakannya, terkecuali para penjual ingin menambah fitur atau iklan yang ingin dinaikkan. Untuk jangkauan audiens pun tidak seluas e-commerce, persaingan di marketplace pun lebih ketat karena dalam menjangkau audiens pelaku usaha harus bisa unggul dari pada produk lainnya. 

Jadi kesimpulannya, e-commerce merupakan situs web jual-beli  yang dijalankan sendiri oleh pembuat web tersebut, sedangkan marketplace merupakan wadah yang digunakan beberapa pelaku usaha untuk menjual produk dan jasanya seperti aplikasi Shopee, Bukalapak, dll. 

Artikel Terkait 

Ingin tampilan produk di marketplacemu menarik? Atau ingin konsultasikan mengenai website untuk usaha kamu? Creativedesign.id bisa bantu, yuk segera konsultasikan permasalahanmu sekarang juga. FREE!!! 

Leave a Reply

Chat kami...
1
Butuh bantuan...?
Hi...
Jika Anda butuh bantuan, Chat kami disini ya...!!!