MAKNA WARNA DALAM DESAIN GRAFIS

Warna memiliki kekuatan untuk menyampaikan dan mengkomunikasikan arti dan pesan tanpa menggunakan kata. Dalam dunia desain, warna memang memiliki arti filosofis masing-masing. Warna biasanya akan memberikan efek psikologis tertentui bagi siapapun yang melihatnya. Kita biasanya bisa menyebutnya dengan istilah ‘kesan’.

  • Merah
    Warna merah sering dihubungkan dengan energi,kekerasan, bahaya, kekuatan, tekad yang kuat, hasrat, dan cinta. Merah adalah warna yang mempunyai unsur emosional yang kuat.
    Warna merah dapat membuat sebuah objek terlihat sangat jelas (eye catching). Ini cocok untuk digunakan sebagai warna dari banner ‘Beli Sekarang’ atau ‘Klik Disini’. Dalam dunia periklanan, warna merah sering menimbulkan kesan ‘erotis’ (bibir merah, kuku bewarna merah, dll).

  • Kuning
    Kuning adalah warna dari matahari terbit. Sering dihubungkan dengan keceriaan, kebahagiaan, orang pandai, dan energi. Kuning menghasilkan efek hangat, membangkitkan kegembiraan, merangsang aktifitas mental, dan membangkitkan energi.

    Warna kuning yang cerah juga merupakan warna ‘penyerap perhatian’. Warna kuning adalah warna yang cerah, sehingga akan mati bila dipasangkan dengan warna putih. Jadi warna kuning memerlukan warna yang lebih gelap.

  • Biru
    Biru adalah warna langit dan lautan. Warna ini sering dihubungkan dengan kedalaman dan stabilitas. Biru melambangkan kepercayaan, kesetiaan, kebijaksanaan, kepercayaan diri, kecerdasan, kepercayaan, kebenaran, dan surga.
    Warna biru dirasa bisa bermanfaat untuk pikiran dan tubuh manusia. Warna ini dapat memperlambat metabolisme manusia dan menghasilkan efek ketenangan. Biru sering dihubungkan dengan kedamaian dan ketenangan. Dalam ilmu kelambangan, warna biru digunakan untuk melambangkan kesalehan dan ketulusan hati.

  • Orange
    Warna Oranye merupakan kombinasi antara merah dan kuning. Warna oranye memberikan kesankreatifitas, kesuksesan , antusiasme, dan keseimbangan. Mencampurkan kehangatan warna merah dan keoptimisan warna kuning, oranye mengakomunikasikan aktifitas dan energi. Dan tentu saja sulit rasanya untuk melewatkan warna oranye sebagai warna jeruk, dan semua produk bervitamin C, yang langsung membuat oranye terasa segar dan sehat.

  • Hijau
    Hijau adalah warna alam. Warna ini melambangkan pertumbuhan, harmoni, kesegaran, kedermawanan, dan kesuburan. Hijau secara emosional dapat berarti keamanan. Warna hijau tua sering dihubungkan dengan uang. Dalam ilmu kelambangan, hijau melambangkan pertumbuhan dan harapan.


  • Putih
    Warna putih sering dihubungkan dengan terang, kebaikan, kemurnian, kesucian. Warna ini disarankan sebagai warna ‘kesempurnaan’. Warna putih berarti aman, murni, dan bersih. Sebagai lawan dari warna hitam, putih biasanya mempunyai makna konotasi yang positif. Warna putih dapat melambangkan keberhasilan. Dalam ilmu kelambangan, putih melambangkan kepercayaan dan kemurnian.

  • Hitam
    Warna hitam melambangkan kekuatan, elegan, formalitas/acara resmi, kejahatan, dan misteri. Hitam adalah warna misterius yang dihubungkan dengan ketakutan dan ketidaktahuan.
    Hitam biasanya punya makna konotasi negatif. Tapi warna hitam merupakan kekuatan dan kekuasaan; warna ini sering dipakai untuk menyampaikan kesan formal, elegan, dan bergensi (sepatu kulit hitam, dasi hitam, Mercedes hitam, kacamata hitam). Dalam ilmu kelambangan, warna hitam melambangkan dukacita.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Chat kami...
1
Butuh bantuan...?
Hi...
Jika Anda butuh bantuan, Chat kami disini ya...!!!