Perbedaan SEO & SEM

Optimasi penelusuran adalah strategi pemasaran penting untuk merek yang mencoba menarik perhatian, dan mengarahkan audiens ke website kita agar bisnis online kita bisa berkembang. Namun, optimasi penelusuran bisa menjadi strategi yang sulit untuk dikelola jika kamu bahkan tidak tahu tentang perbedaan SEO dan SEM itu sendiri.

Sekilas seperti sama, tetapi keduanya adalah pendekatan yang sangat berbeda untuk optimasi penelusuran. Jika kamu menggunakan istilah SEM dan SEO secara bergantian dan tidak mengetahui perbedaan di antara keduanya, kamu tidak akan dapat mengkomunikasikan strategi yang jelas dan efektif untuk meningkatkan visibilitas kamu dalam mesin pencarian.

Artikel ini akan memberi kamu pemahaman yang jelas tentang definisi dan perbedaan di antara SEO dan SEM. 

Apa itu SEO?

SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi untuk menaikkan traffic ke website kamu secara organik agar website kamu berada di tampilan depan mesin pencarian. 

Apa itu SEM?

SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing yang berarti bentuk pemasaran di internet melalui kegiatan promosi website dengan cara meningkatkan visibilitas website itu sendiri di halaman hasil pencarian mesin telusur semacam Google (SERP).

Perbedaan SEO dan SEM

Saat kamu membandingkan SEM vs. SEO, kamu akan menemukan bahwa keduanya memiliki perbedaan yang memisahkan keduanya. Dilansir dari www.niagahoster.co.id, terdapat 7 perbedaan antara SEO dan SEM. Berikut perbedaannya:

Terdapat Ikon “Iklan” di Hasil Pencarian SEM

Hasil pencarian dari penerapan SEM atau SEO itu berbeda. Iklan berbayar yang muncul dari penerapan SEM dianggap sebagai iklan. Sementara, hasil pencarian dari SEO tidak ada embel-embel iklan di bawahnya.

SEM Berbayar dan SEO Gratis

SEM adalah iklan berbentuk PPC. Sehingga kamu harus punya anggaran untuk SEM agar iklan bisa terus ditampilkan. Sementara SEO adalah strategi yang bisa kamu terapkan tanpa perlu mengeluarkan biaya atau bisa dibilang secara organik.

SEM Bisa Memilih Target Audience

Memang, baik SEO dan SEM bertujuan agar bisa memahami audiens lebih baik. Tapi, kamu hanya bisa memilih target audiens dengan SEM. Pada SEM, kamu bisa memilih hasil pencarian ditampilkan untuk audiens berdasarkan umurnya, lokasi, dan masih, jenis kelamin, dll.

Hasil SEM Lebih Cepat Dibanding SEO

SEM tidak langsung muncul seketika kamu memasangnya, karena tetap butuh proses dan persaingan dengan pemasang iklan lainnya. Tapi, proses ini relatif lebih cepat dibandingkan SEO. 

Kamu juga bisa mematikan SEM sewaktu-waktu dan menghidupkannya lagi sesuka kamu. Sedangkan SEO, merupakan strategi yang membutuhkan waktu untuk melihat hasilnya dan bisa membaik atau memburuk seiring waktu tergantung banyak faktor.

SEM Lebih Baik untuk Testing, Sedangkan SEO Tidak

Kamu bisa langsung mematikan atau menghidupkan iklan pada SEM. Jadi, bisa menjadi salah satu cara untuk testing apakah strategi marketing kamu sudah diterima dengan baik oleh audiens. 

Dengan SEM kamu bisa merevisi judul iklan, mengganti target audiens atau merubah konten dari landing page untuk keperluan testing.  kamu tidak bisa melakukan hal yang sama pada SEO karena membutuhkan waktu terlalu lama untuk mendapatkan hasil dan melihat perbedaannya.

SEO Bagus untuk Jangka Panjang

SEM itu hanya aktif selama kamu membayar iklan untuk tampil di hasil pencarian. Sekali kamu mematikan iklan tersebut, maka strategi SEM kamu sudah berakhir. SEO justru sebaliknya. Sebab, SEO ini adalah strategi yang berkembang seiring waktu dengan hasil yang bisa bertahan lebih lama pula.

Potensi CTR SEO Lebih Tinggi Dibanding SEM

Berdasarkan studi AWR, tiga pencarian teratas itu mendapatkan CTR terbanyak. Jadi, apabila hasil pencarian kamu bisa berada di posisi atas, kemungkinan SEO bisa mengalahkan iklan SEM. Namun, jika posisi kamu di luar tiga besar atau bahkan di halaman dua, kemungkinan CTR SEM yang akan lebih banyak.

 

Artikel Terkait :

Jika kamu memiliki masalah tentang bisnis kamu atau ingin berkonsultasi mengenai jasa Design yang tepat bagi brand kamu, feel free untuk menghubungi kami di website resmi kami creativedesign.id dan konsultasikan masalah kamu secara GRATIS

Read more...

Facebook Ads Dan Google Ads, Mana Yang Lebih Efektif?

Facebook Ads dan Google Ads, banyak sekali pebisnis yang melihat dua produk periklanan tersebut sebagai pesaing. Salah satu hal yang sering dipertanyakan oleh para pebisnis online adalah “Iklan Google atau iklan Facebook, mana yang tepat untuk bisnis saya?”. Untuk mengetahui jawabannya, mari kita kupas bersama-sama.

Banyak bisnis memanfaatkan kekuatan beriklan di Google dan Iklan Facebook secara bersamaan untuk mencapai visibilitas maksimum, meningkatkan prospek dan penjualan, dan menemukan pelanggan baru, mengadopsi strategi berbeda yang selaras dengan fungsionalitas setiap platform dan mendapat laba luar biasa atas hasil iklan mereka. 

Keduanya sama-sama unggul dalam memberikan hasil karena dalam hal periklanan online, Google Ads dan Facebook Ads mendominasi industri.

Jika kamu ingin menjangkau pelanggan, maka jaringan pencarian Google atau beranda Facebook adalah tempat yang tepat. Pertimbangkan ini: Facebook saat ini memiliki 2,3 miliar pengguna aktif bulanan, menjadikannya sarang aktivitas pengguna. Google Ads menjangkau miliaran orang setiap hari melalui penelusuran, email, dan aktivitas online lainnya.

Tetapi ketika berbicara tentang pengalokasian anggaran iklan dan kamu diharuskan memilih platform mana yang harus kamu pilih, Iklan Google atau iklan Facebook? Mana yang tepat untuk bisnis kamu? Apakah harus pakai keduanya? Nahh, kamu harus tahu dulu mana yang perlu dipertimbangkan. Mari kita ulas sekarang juga!

Perbedaan Facebook Ads dan Google Ads 

  1. Iklan Facebook: Sosial Berbayar. Iklan Facebook adalah contoh utama dari apa yang dikenal sebagai “sosial berbayar”, atau praktik beriklan di jejaring sosial. Dengan jumlah pengguna aktif bulanan tertinggi dari jaringan sosial manapun di dunia, Facebook telah menjadi platform yang sangat kompetitif dan berpotensi menguntungkan dari banyak strategi periklanan digital bisnis.
  2. Google AdWords: Penelusuran Berbayar. Google AdWords adalah platform periklanan PPC terbesar dan terpopuler di dunia. Pencarian berbayar berfokus pada penargetan kata kunci dan penggunaan iklan berbasis teks. Pengiklan menggunakan tawaran AdWords pada kata kunci dan frase tertentu yang termasuk dalam permintaan pencarian yang dimasukkan oleh pengguna Google dengan harapan bahwa iklan mereka akan ditampilkan di samping hasil pencarian untuk permintaan tersebut.
  3. Dibandingkan dengan Google AdWords, Iklan Facebook telah menyempurnakan dan meningkatkan solusi periklanannya selama beberapa tahun. Saat ini, Iklan Facebook adalah pelopor dalam bidang sosial berbayar dan telah menjadi bagian sentral dari banyak strategi pemasaran digital bisnis.
  4. Sebagai mesin pencarian yang paling populer dan banyak digunakan di dunia, Google dianggap pemimpin de facto dalam periklanan online. Menyajikan lebih dari 3,5 miliar kueri penelusuran setiap hari, Google menawarkan kepada pengiklan akses ke pengguna potensial yang belum pernah ada sebelumnya dan tak tertandingi yang secara aktif mencari barang dan jasa.
  5. Sekarang kita sampai pada perbedaan utama antara Google AdWords dan Iklan Facebook, kamu dapat memikirkannya seperti ini: AdWords membantu kamu menemukan pelanggan baru, sementara Facebook membantu pelanggan baru menemukan kamu.

Jadi, mana yang lebih baik?

Baik Iklan Facebook dan Google AdWords adalah platform periklanan yang sangat kuat yang melayani hampir semua jenis bisnis. Saat mengevaluasi setiap kekuatan solusi dan potensi aplikasi, terlihat juga bahwa kedua platform harus dilihat dengan cara yang saling melengkapi, bukan bermusuhan.

Memanfaatkan kekuatan penelusuran berbayar dan sosial berbayar adalah strategi periklanan yang sangat efektif. Namun, hal itu membutuhkan strategi periklanan ganda yang selaras dengan kekuatan masing-masing platform. Meskipun perpesanan pemasaran dapat dan boleh dibilang harus tetap konsisten di Iklan Facebook dan Google AdWords, penting untuk memahami cara terbaik menggunakan setiap platform untuk keuntungan maksimum dan pertumbuhan bisnis yang lebih besar.

 

Artikel Terkait :

Jika kamu memiliki masalah tentang bisnis kamu atau ingin berkonsultasi mengenai jasa Design yang tepat bagi brand kamu, feel free untuk menghubungi kami di website resmi kami creativedesign.id dan konsultasikan masalah kamu secara GRATIS

Read more...

Apa Itu Facebook Ads?

Sekarang ini, marak sekali bisnis online yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk promosi. Hal ini dinilai lebih efektif karena bisa menjangkau banyak orang hanya melalui smartphone. Kamu bisa melakukan promosi di media sosial dengan gratis, namun itu butuh waktu dan strategi yang tepat. Kabar baiknya, kamu bisa menjangkau pelanggan potensial kamu lebih cepat dan efektif dengan memanfaatkan fitur iklan yang disediakan salah satu media sosial Facebook yaitu Facebook Ads. 

Pengertian Facebook Ads

Iklan Facebook atau Facebook Ads adalah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu Fanpage yang sebelumnya sudah dibuat oleh pengguna Facebook dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh pemasang iklan tersebut.

Kamu bisa memilih tujuan iklan yang tepat, dengan menjawab pertanyaan “apa hasil terpenting yang saya inginkan dari iklan ini?” Hasil itu bisa berupa penjualan di situs web kamu, jumlah unduhan aplikasi kamu, atau peningkatan brand awareness. 

Dengan memanfaatkan fitur Facebook Ads, kamu bisa memilih target pelanggan, menentukan tempat untuk menjalankan usaha, menetapkan anggaran sesuai keuangan kamu, mengukur dan mengelola iklan kamu.

Hal Yang Membuat Facebook Ads Efektif

Hal yang membuat iklan Facebook benar-benar efektif adalah tingkat penargetan audiens, jumlah pengguna di platform, dan tingkat analitik dan wawasan. Jika kamu mengkombinasikan keunggulan tersebut dengan strategi yang hebat, iklan Facebook berfungsi akan sangat efektif untuk berbagai jenis bisnis yang sedang dijalankan. 

 

Artikel Terkait :

Jika kamu memiliki masalah tentang bisnis kamu atau ingin berkonsultasi mengenai jasa Design yang tepat bagi brand kamu, feel free untuk menghubungi kami di website resmi kami creativedesign.id dan konsultasikan masalah kamu secara GRATIS

Read more...
Chat kami...
1
Butuh bantuan...?
Hi...
Jika Anda butuh bantuan, Chat kami disini ya...!!!