Mengenal Apa Itu Content Marketing

Di zaman yang serba digital ini, kamu pasti tahu bahwa pemasaran secara tradisional sudah tidak terlalu efektif lagi. Kamu perlu berpikir ke depan dan berkembang mengikuti perubahan zaman dan teknologi.

Di sinilah peran content marketing masuk. Tujuan dari content marketing yaitu menarik audiens baru dan mendorong mereka untuk menjadi pelanggan kamu (melakukan pembelian).

Content marketing adalah strategi pemasaran dimana kita merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran, kemudian mendorong mereka menjadi pelanggan kamu.

Secara khusus, ada tiga alasan utama kenapa perusahaan menggunakan content marketing.

  1. Meningkatkan penjualan
  2. Penghematan biaya
  3. Pelanggan akan menjadi lebih loyal

Content marketing akan membagikan konten informatif yang relevan, menarik, dan bermanfaat bagi target audiens kamu.

Ada empat bentuk konten:

  1. Kata tertulis
  2. Audio
  3. Video
  4. Gambar-gambar

Hal terpenting untuk diingat adalah bahwa tugas kita adalah menjadi berguna. Tidak ada gunanya membuat konten apapun jika audiens kamu tidak mendapatkan nilai apapun dari konten tersebut.

Ketika dilakukan dengan baik, konten menciptakan ekuitas merek, yang artinya merek kamu menjadi semakin bernilai seiring waktu saat kamu terus membuat konten yang bernilai. Dan semakin kamu membantu audiens kamu, semakin merek kamu akan mendapatkan reputasi sebagai pemimpin di bidang kamu.

Konten memberikan nilai bagi kamu sebagai bisnis adalah melalui traffic organik. Di sinilah orang akan menemukan kamu di beberapa jenis platform pencarian, seperti Google, YouTube, atau podcast, dan mengunjungi konten kamu.

Artikel Terkait :

Jika kamu memiliki masalah tentang bisnis kamu atau ingin berkonsultasi mengenai jasa Design yang tepat bagi brand kamu, feel free untuk menghubungi kami di website resmi kami creativedesign.id dan konsultasikan masalah kamu secara GRATIS

Read more...

Langkah-langkah Memulai Desain Grafis bagi Pemula

Pada zaman sekarang, kebutuhan terhadap desain grafis menjadi meningkat. Pasalnya, hampir setiap jenis bisnis memerlukan desain grafis sebagai alat promosi untuk menarik pelanggan. Mulai dari pembuatan brosur, web, spanduk, sosial media, dan lainnya.

Desain grafis saat ini memiliki peran yang sangat penting dalam membantu pemasaran kamu, terutama pemasaran melalui media online. Dengan desain yang menarik, calon pelanggan kamu akan lebih tertarik untuk melirik bisnis yang sedang kamu jalankan. Sehingga dapat meningkatkan omset penjualan kamu.

Jika kamu masih memiliki bisnis yang kecil-kecilan dan belum bisa untuk mempekerjakan orang lain sebagai desainer, kamu bisa melakukannya sendiri. Karena, desain grafis dapat dipelajari secara otodidak. Simak penjelasannya yuk!

Semangat Adalah Kunci!

Kamu harus memiliki semangat atau hasrat dalam melakukan sesuatu, agar kamu bisa melakukannya dengan baik. Hal ini sangat penting sekali, karena kamu akan menyukai apa yang kamu lakukan, sehingga dapat berkembang dengan pesat. Jika kamu suka mencoret-coret atau melihat-lihat tata letak majalah, bermain-main dengan warna, pola, dan yang terpenting tertarik pada seni dan keindahan, mungkin kamu memang sudah punya bakat, jadi kamu tinggal mengembangkannya.

Kuasai Aplikasi Desain – Satu Aplikasi pada Satu Waktu!

Selain kreativitas, sebagai desainer juga kamu harus menguasai aplikasi atau software khusus desainer. Ada banyak software seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, CorelDraw, atau lainnya. Tapi perlu diingat, pilih salah satu software untuk dipelajari terlebih dahulu sebelum beralih ke software yang lain. Karena jika belajar sekaligus, kamu kemungkinan akan frustasi dan kehilangan semangat.

Kumpulkan Referensi

Kalau kamu sangat menyukai desain, kamu harus mengumpulkan referensi setidaknya 5-10 menit sehari. Semakin banyak dan bagus referensi yang kamu pelajari, semakin bagus juga desain kamu. Jadi, cobalah cari tahu kenapa referensi tersebut bisa menarik perhatian kamu.

Salin dan Buat Ulang

Dari referensi yang sudah dikumpulkan, kamu bisa membuat ulang atau membuat replika desain tersebut. Secara tidak langsung, hal ini akan mengasah kemampuan kamu dalam desain dan menambah inspirasi desain kamu. Tapi, jangan menjual hasil replikasi ini ya! Karena kamu bisa dikenai hukuman hak cipta karena menduplikat karya orang lain. Ingat! Ini hanya untuk pembelajaran agar kemampuan kamu dalam desain menjadi berkembang.

Terus Mencoba Dan Belajar

Apa kamu ingat tentang peribahasa “Practice Makes Perfect”? Hal ini seratus persen benar lho. Kamu harus terus berlatih dan belajar tentang tren desain seiring berjalannya waktu. Percayalah, proses itu tidak pernah menghianati hasil. Selain itu, kamu juga bisa menerima kritik dan saran dari orang lain agar kemampuan desain kamu terus berkembang. Kritik dan saran juga akan membantu kamu untuk menilai desain dan gaya seperti apa yang diminati oleh banyak orang atau masyarakat luas.

Kamu bisa lakukan langkah-langkah di atas agar bisa memulai desain grafis. Sehingga, bisnis yang kamu jalankan akan semakin menarik. Bagaimana? Sudah tertarik belajar desain?

Artikel Terkait :

Jika kamu memiliki masalah tentang bisnis kamu atau ingin berkonsultasi mengenai jasa Design yang tepat bagi brand kamu, feel free untuk menghubungi kami di website resmi kami creativedesign.id dan konsultasikan masalah kamu secara GRATIS

Read more...

Tren Desain di Tahun 2021 Yang Harus Kamu Tahu!

Tren desain grafis adalah bagaimana kita menafsirkan apa yang terjadi sebelumnya, untuk membantu kita mencoba dan memahami serta memprediksi masa depan. Idenya adalah bahwa kita menginginkan sesuatu yang berbeda dari yang kita miliki sekarang, tetapi tidak terlalu berbeda. 

Desain grafis adalah mengubah sesuatu yang biasa menjadi sesuatu yang spesial. 

Desain yang tepat merupakan sarana untuk mendidik dan memberikan informasi kepada audiens, serta untuk meyakinkan mereka mengenai fungsi produk melalui transisi warna, font dan ilustrasi yang telah dipersonalisasi.

Dunia desain grafis adalah bidang yang terus mengalami perubahan. Sehingga, tren desain untuk tahun yang akan datang selalu dinanti-nanti. Terlebih oleh orang-orang yang berkecimpung di bidang desain grafis. Dilansir dari www.behance.net terdapat 12 tren desain di tahun 2021 yang bisa kamu jadikan referensi. Yuk, simak penjelasannya di bawah!

1. Desain 3D

Tren desain 3D bukanlah hal yang baru, tapi perlu diakui bahwa desain 3D menjadi semakin keren belakangan ini. Tren ini memanfaatkan kemajuan teknologi dan kemampuan software yang lebih modern. Tren ini juga menggabungkan objek 3D dengan gambar foto, ilustrasi, dan desain 2D. Menambahkan kedalaman dan sentuhan realitas dengan teknik imajinatif yang inovatif.

2. Desain Emoji 

2021, saatnya menunjukkan sisi emosional kamu dengan munculnya emoji khusus. Emoji yang lucu dan menyenangkan bisa menarik perhatian kamu dan membuat kamu senyum-senyum. 

3. Desain Yang Terinspirasi dari Alam

Motif desain ini biasanya terinspirasi alam – daun, pohon dan bunga, palet warna alami. Sesuai dengan tren minimalis, palet warna kalem, ilustrasi, ada filter warna yang didesain untuk menciptakan suasana natural, tekstur yang menonjolkan kayu, batu, dll.

Kualitas esensial alam cocok untuk semua desain, semua teknik, dan semua bidang komersial. Ini merupakan berkah bagi para desainer bahwa sumber inspirasi ini menjadi tren yang diinginkan masyarakat tahun 2021.

4. Desain Ilusi Optik

Menerobos batasan dengan desain ilusi optik pada tahun 2021. Gaya yang sangat trendi ini akan membuat kamu terpesona sekaligus terhipnotis. Jika merek kamu memiliki sesuatu yang berhubungan dengan keanehan atau spiritualitas, tetapi bahkan jika kamu hanya ingin desainnya menonjol, tertanam di pikiran, maka desain ilusi layak dipertimbangkan.

5. Desain Tipografi 3D

Prediksi di tahun 2021 adalah desain tipografi yang populer pada tahun 2020 akan bertransformasi menjadi 3D. Huruf ultra-realistis yang terasa seakan-akan kamu dapat menjangkau dan menyentuhnya. Di samping 3D ini terdapat elemen animasi, tekstur, dan pola.

6. Ilustrasi Kartun

Siapa yang tidak suka kartun? Jenis desain ini masih banyak disukai oleh banyak orang. Ilustrasi kartun bersifat variatif, mudah beradaptasi, imajinatif tetapi menambah keceriaan, dan menimbulkan senyuman. Sempurna untuk branding agar mudah diingat.

7. Gold Design

Desain dengan efek metalik sedang dan akan menjadi tren di 2021. Desain jenis ini sudah populer di desain produk, lihat smartphone terbaru, fashion ini akan menjadi ciri tren desain 2021. Mereka sangat cocok untuk desain minimalis.

Designer telah berhasil bereksperimen dengan tampilan metalik yang berbeda seperti perak, kuningan, dan timah tetapi emas tetaplah sang ayah. Emas memamerkan semua variasi desain metalik, matte, mengkilap, efek cahaya reflektif, emboss, tergores, dan terpotong. 

8. Voxel Art

Voxel adalah kubus 3D, pada dasarnya adalah versi 2d dari piksel 2D. Kamu bisa lihat voxel pada game seperti Minecraft dan gayanya dapat langsung kamu kenali, hampir seperti balok lego. Penggunaan elemen voxel membentuk kreasi yang lebih menarik, sehingga ikut serta dalam tangga mode di tahun 2021. Seni voxel merupakan sebuah teknik yang sangat visual, kesederhanaan dan daya tarik retro yang sedikit kekanak-kanakan namun sangat modern.

9. Monokrom & Duotone

Dengan palet warna dan desain yang sederhana tapi bisa menghadirkan desain yang kuat. Tampilan Monochrome pada desain grafis membuat kesan elegan, sehingga membuat banyak orang menyukainya. Duotone menampilkan karya yang juga gak kalah elegan, dengan perpaduan hanya dengan dua warna saja dapat membuat mata kita menyukai karya duotone.

10. Bentuk Geometris

Tren desain bentuk geometris adalah sesuatu yang diperkirakan hanya muncul sementara waktu, tetapi sepertinya akan mencapai puncaknya pada tahun 2021. 

Itulah beberapa tren desain di tahun 2021 yang telah kami rangkum. Semoga bisa menjadi referensi kamu dalam desain maupun kebutuhan lainnya.

 

Artikel Terkait :

Jika kamu memiliki masalah tentang bisnis kamu atau ingin berkonsultasi mengenai jasa Design yang tepat bagi brand kamu, feel free untuk menghubungi kami di website resmi kami creativedesign.id dan konsultasikan masalah kamu secara GRATIS

Read more...
Chat kami...
1
Butuh bantuan...?
Hi...
Jika Anda butuh bantuan, Chat kami disini ya...!!!