Skip to main content

Dalam meningkatkan suatu brand, perusahaan biasanya memiliki ciri khas tersendiri dalam memperkenalkan suatu produknya kepada masyarakat. Brand awarenes memang menjadi hal yang sangat penting, namun taukah kamu dengan penggunaan slogan ataupun tagline dalam suatu produk? Penggunaan slogan ataupun tagline menjadi hal yang penting dalam memperkenalkan suatu produk. Sehingga tidak sedikit orang menganggap bahwa slogan dan tagline itu merupakan hal yang sama, namun faktanya bahwa slogan dan tagline merupakan dua hal yang sangat berbeda. 

Lalu sebenarnya apa yang membedakan Slogan dan Tagline? 

Slogan merupakan suatu kalimat singkat yang digunakan untuk mengiklankan atau memasarkan suatu produk. Slogan ini bersifat menjual sehingga dalam slogan penggunaan kata yang digunakan mengandung kalimat ajakan serta deskripsi mengenai produk tersebut.  Biasanya penggunaan slogan ini hanya dalam jangka waktu yang singkat dan tidak berkepanjangan karena sifartnya memperkenalkan produk tersebut. Berbeda halnya dengan tagline. 

Apa itu Tagline? Tagline merupakan kalimat singkat yang mempresentasikan sebuah brand, biasanya tagline ini pun sering disebut sebagai logo verbal. Karena tagline ini merupakan identitas penting dalam suatu brand, sehingga penggunaannya pun sesuai dengan visi misi brand tersebut. Kemudian untuk jangka waktu tagline tidak seperti slogan, penggunaan tagline berdurasi untuk jangka panjang dan oleh sebab itu tagline yang digunakan harus bersifat menonjol dan dapat meningkatkan nilai dari brand tersebut. 

Intinya antara slogan dan tagline sebetulnya sama-sama untuk mengenalkan suatu brand, namun orientasinya saja yang berbeda. Slogan diperuntukan untuk penjualan, sedangkan tagline lebih kearah kesadaran merek atau brand awareness

Artikel Terkait 

Ingin usaha atau bisnismu makin dikenal banyak orang? Perlu Tim untuk bantu kamu mengelolanya? Konsultasikan bersama Creativedesign.id secara FREE!! Pilih paketmu sekarang dan sesuaikan dengan kebutuhan!!!

Leave a Reply

Chat kami...
1
Butuh bantuan...?
Hi...
Jika Anda butuh bantuan, Chat kami disini ya...!!!