Skip to main content

Di zaman era digital kini siapa yang tidak menggunakan sosial media? Hampir seluruh lapisan masyarakat menggunakan sosial media. Entah itu untuk kepentingan pribadi maupun untuk kepentingan usaha, namun semakin pesatnya perkembangan banyak hal-hal kreatif yang bisa disalurkan melalui media sosial ini sesuai dengan kebutuhan. 

Penggunaan sosial media ternyata banyak berpengaruh terhadap aktivitas para audiens yang melihatnya, kini audiens bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan yang didapatkan dari para pembuat konten yang ada di sosial media. 

Ada sebutan yang biasa dikatakan ol eh para audiens kepada para pembuat konten yang membuat mereka bisa terpengaruh dengan isi konten yang disampaikan. Dalam sosial media masyarakat sudah tidak asing lagi dengan influencer dan content creator. Namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup spesifik jika dipaparkan. 

Lalu Influencer vs Content Creator, serupa tapi tak sama? Simak penjelasan berikutnya ya. 

INFLUENCER 

Ketika menjadi seorang influencer maka harus memiliki kemampuan dapat dikenal banyak orang atau para pengguna sosial media. Influencer merupakan individu yang mampu memberikan pengaruh terhadap audiens yang melihatnya, sehingga audiens memiliki ketertarikan atas apa yang disampaikan oleh influencer tersebut. Oleh sebab itu seorang influencer harus mampu menciptakan personal branding yang bagus agar dapat dipercaya dan diyakini oleh audiens. 

Kemudian menjadi influencer mampu mengusai sosial media agar mempermudah untuk berinteraksi dengan audiens ketika memberikan suatu informasi. Berkaitan dengan dunia digital marketing seorang infulencer dapat memberikan dampak yang cukup baik untuk suatu usaha, jika infulencer tersebut sudah dipercayai oleh para audeins di sosial media. Itu akan menjadi suatu keuntungan untuk para pelaku usaha jika bekerjasama dengan para influecer tersebut. 

CONTENT CREATOR

Meskipun sama-sama berada dalam dunia digital dan per-sosial media-an seperti influencer, namun content creator memiliki perbedaannya. Content Creator lebih kepada yang memproduksi suatu konten tersebut, mulai dari yang menentukan, merancang, hingga mengemas sedemikian rupa untuk kemudian di publish dan diketahui publik. Lalu, dengan adanya content creator persoalan untuk digital marketing akan lebih terancang. Meskipun sama-sama untuk memberikan informasi seperti influencer, content creator lebih tertuju kepada brand awareness suatu perusahaan. Sehingga konten yang telah dibuat oleh content creator harus semenarik mungkin dan bisa meningkatkan traffic perusahaan. 

Mungkin untuk lebih singkatnya influencer lebih kepada individu yang mengenalkan suatu brand atau produk kepada audiens karena memiliki banyak pengikutnya, sedangkan content creator lebih kepada yang memproduksi suatu konten tersebut pure original dan bertujuan untuk brand awareness. 

Artikel Terkait 

Untuk kamu yang ingin memiliki tim konten untuk suatu usahamu, segera hubungi Creativedesign.id dan konsultasikan terlebih dahulu bisnismu kepada kami, FREE!! 

Leave a Reply

Chat kami...
1
Butuh bantuan...?
Hi...
Jika Anda butuh bantuan, Chat kami disini ya...!!!