Skip to main content

Ketika menjalankan suatu bisnis memang banyak yang perlu dipersiapkan dan dilakukan demi kelancaran bisnis. Namun terkadang ketika terlalu memikirkan hal-hal yang besar dan terlalu fokus, terkadang ada beberapa hal sederhana yang sering terlupakan oleh pembisnis. Padahal hal-hal tersebut bisa menjadi hal yang paling penting yang terlewatkan, apakah saja kah? Simak pemaparan dibawah ini. 

  1. Tidak Mencatat Planning Kerja

Terkadang menganggap bahwa planning yang sudah terkonsep hanya dipikirkan dan tidak mencatatnya beranggapan bahwa akan ingat selalu. Namun ini merupakan salah satu kesalahan yang bisa berakibat cukup serius. Dikarenakan ini merupakan planning kerja, baiknya mencatat atau memiliki back-up untuk antisipasi jika terjadi sesuatu. 

  1. Tidak Memisahkan Rekening Pribadi Dengan Bisnis 

Masalah keuangan akan menjadi hal yang paling sensitif dan lebih diteliti lagi, jika ingin keuangan bisnis dengan pribadi tidak tercampur usahakan memiliki rekening yang berbeda agar bisa membedakan kebutuhan penggunaan pribadi dengan bisnis. Khawatir terdapat kesalahan yang fatal untuk kedepannya. 

  1. Tidak Melakukan Riset Pasar 

Riset menjadi hal penting untuk perkembangan suatu bisnis, dengan kita melihat dan memantau keadaan sekitar, maka artinya kita sudah siap dan berantisipasi untuk suatu gebrakan baru ataupun resiko yang akan dihadapi. Oleh sebab itu melakukan riset pasar guna menaikkan insight harus lebih diteliti dan dilaksanakan. 

  1. Tidak Memiliki Modal Cadangan 

Memulai suatu usaha perlu finansial yang cukup dan bisa menjalankan bisnis sedemikian rupa. Selain menyiapkan modal untuk membangun kita pun harus bisa menyimpan untuk cadangan modal jika terjadi suatu yang tidak diinginkan. Ini artinya jika memiliki modal cadangan maka pembisnis tersebut sudah memperhatikan dan lebih mendalami hal-hal sederhana yang sering terlewat. 

Artikel Terkait 

Mau punya tim profesional untuk kelola akun bisnis onlinemu? Tenang aja karena Creativedesign.id siap bantu kamu dan konsultasikan sekarang juga, FREE!!!!

Leave a Reply

Chat kami...
1
Butuh bantuan...?
Hi...
Jika Anda butuh bantuan, Chat kami disini ya...!!!