Skip to main content

Berkesempatan untuk merintis suatu usaha memang menjadi hal yang bisa digapai oleh semua orang tanpa terkecuali. Memulai suatu bisnis memang tidak akan semudah yang dibayangkan tentunya, banyak yang harus dipersiapakan dan dipikirkan matang-matang untuk segala hal dalam berbisnis. Kini banyak anak muda yang memulai merintis usaha, apalagi kini sudah ada di era digital. Dimana semuanya serba melalui internet, sehingga perkembangan yang pesat kini menjadikan anak muda berkreasi dalam memulai bisnis di online. 

Tidak sedikit pula yang memulai bisnis dan usaha melalui platform yang sudah tersedia dan banyak digunakan oleh masyarakat. Sehingga akan lebih mempermudah dalam berkegiatan sehari-hari. Namun dengan menganggap berbisnis online akan lebih mudah karena bantuan teknologi, sehingga tanpa disadari para pelaku usaha melakukan  kesalahan yang sering terjadi ketika berbisnis online!

Mau tau apa saja? Simak paragraf berikut ini. 

Kurang kesiapan rencana bisnis secara matang! 

Masih banyak yang beranggapan bahwa berbisnis hanya membutuhkan modal yang besar tanpa strategi apa-apa. Itu kesalahan yang paling sering terjadi dibeberapa kalangan. Ketika merasa bahwa berbisnis hal yang mudah tanpa adanya rencana yang matang dan strategi apa yang akan disiapkan untuk beberapa waktu kedepan maka dapat dipastikan akan kurang efektif menjalankannya. Oleh karena itu persiapkan secara matang mulai dari produknya, strategi apa yang akan disiapkan, hingga kepada finansial yang mendukung. 

Penggunaan platform yang kurang optimal 

Media sosial memang sebagai wadah terbaik ketika kita melakukan suatu kegiatan melaui online. Mulai dari mendaptakan berbagai informasi hingga kepada berkegiatan transaksi jual beli. Sehingga tidak heran lagi jika mayoritas menggunakan media sosial sebagai salah satu kelengkapan dalam kegiatan sehari-hari. Terkadang pelaku usaha hanya fokus pada satu platform saja sehingga tidak memanfaatkan platform lain. Atau bisa saja ketika pelaku usaha fokus hanya mempromosikan tanpa memikirkan penampilan sosmed yang pada akhirnya dapat membosankan audiens. Oleh karena itu lebih bijak lagi dalam penggunaan platform dan gunakan semaksimal mungkin. 

Komunikasi hanya satu arah 

Konsumen akan lebih menyukai ketika bisa berinteraksi dengan sang penjual, dan oleh karena itu usahakan untuk tidak terus menerus melakukan sharing dengan konsumen tapi tidak melibatkan konsumen tersebut. Sehingga akan lebih suit memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh para konsumen tersebut. 

Artikel Terkait 

Masih bingung untuk menentukan ide konten yanag menarik untuk bisnis onlinemu? Atau bahkan butuh tim untuk kelola akun bisnismu? Creativedesign.id bisa jadi solusi kamu sekarang juga! Konsultasikan terlebih dahulu, FREE!

Leave a Reply

Chat kami...
1
Butuh bantuan...?
Hi...
Jika Anda butuh bantuan, Chat kami disini ya...!!!