Skip to main content

Di dalam dunia marketing kata promosi dengan iklan bukan suatu hal yang awam lagi, dan dua hal tersebut merupakan unsur yang sangat penting untuk suatu penjualan. Namun terkadang sebagian besar orang beranggapan bahwa promosi dan iklan adalah hal yang sama. Mungkin disisi lain dapat dikatakan benar, karena tujuannya sama-sama untuk marketing suatu produk atau jasa.

Akan tetapi walaupun mereka serupa namun mereka memiliki perbedaan lho guys !! 

Mau tau apa yang membedakan promosi dengan iklan? Simak paragraf selanjutnya ya ! 

PROMOSI 

Mengenai promosi, walaupun hampir sama dengan iklan namun promosi lebih kepada kegiatannya. Maksudnya sebagai kegiatan karena promosi lebih kpeada cara mengkomunikasikan suatu produk terhadap konsumen agar terbujuk dan menciptakan kesadaran untuk membeli suatu produk yang ditawarkan. 

Kemudian promosi juga berguna untuk mendorong penjualan, walaupun promosi memiliki efek jangka pendek namun sangat berpengaruh terhadap penjualan yang cukup instant. Selain ekonomis promosi pun lebih terlihat langsung hasilnya ketika sudah sampai kepada para konsumen.

Kemudian kita beralih kepada iklan yang mempunyai perbedaan dari promosi. 

IKLAN 

Untuk iklan, masih dengan persamaannya dengan promosi yaitu sama-sama bertujuan untuk suatu penjualan atau marketing. Itu yang termasuk persamaan diantara keduanya, namun untuk iklan itu sendiri lebih kepada alat dari suatu penjualan tersebut. Iklan merupakan bagian dari promosi, namun iklan lebih kepada alat suatu perantara pengantar informasi guna para konsumen mengetahui produk/jasa apa yang ditawarkan oleh para pelaku usaha. 

Ketika iklan sudah terpasang melalui media perantara misalnya seperti koran, baliho, majalah, maupun sosial media itu bukan semata hanya untuk penjualan saja. Akan tetapi iklan juga digunakan sebagai alat untuk menciptakan citra suatu perusahaan. Meskipun efek dari suatu iklan tidak seinstant promosi, namun iklan pun bertujuan sebagai brand awareness, tidak lupa bahwa iklan memiliki efek jangka panjang sehingga hasil yang didapatkan tidak akan secepat itu. Meskipun iklan terbilang golongan mahal, namun iklan cukup efektif dalam memasarkan suatu produk/jasa para pelaku usaha. 

Artikel Terkait 

Ingin promosi dan iklanmu lebih banyak diketahui orang banyak? Konsultasikan design yang cocok untuk usahamu sekarang juga di Creativedesign.id karena kita akan buat tampilan promosi dan iklanmu lebih dilirik konsumen! Konsultasikan sekarang juga, FREE!

Leave a Reply

Chat kami...
1
Butuh bantuan...?
Hi...
Jika Anda butuh bantuan, Chat kami disini ya...!!!