Skip to main content

Tren desain grafis adalah bagaimana kita menafsirkan apa yang terjadi sebelumnya, untuk membantu kita mencoba dan memahami serta memprediksi masa depan. Idenya adalah bahwa kita menginginkan sesuatu yang berbeda dari yang kita miliki sekarang, tetapi tidak terlalu berbeda. 

Desain grafis adalah mengubah sesuatu yang biasa menjadi sesuatu yang spesial. 

Desain yang tepat merupakan sarana untuk mendidik dan memberikan informasi kepada audiens, serta untuk meyakinkan mereka mengenai fungsi produk melalui transisi warna, font dan ilustrasi yang telah dipersonalisasi.

Dunia desain grafis adalah bidang yang terus mengalami perubahan. Sehingga, tren desain untuk tahun yang akan datang selalu dinanti-nanti. Terlebih oleh orang-orang yang berkecimpung di bidang desain grafis. Dilansir dari www.behance.net terdapat 12 tren desain di tahun 2021 yang bisa kamu jadikan referensi. Yuk, simak penjelasannya di bawah!

1. Desain 3D

Tren desain 3D bukanlah hal yang baru, tapi perlu diakui bahwa desain 3D menjadi semakin keren belakangan ini. Tren ini memanfaatkan kemajuan teknologi dan kemampuan software yang lebih modern. Tren ini juga menggabungkan objek 3D dengan gambar foto, ilustrasi, dan desain 2D. Menambahkan kedalaman dan sentuhan realitas dengan teknik imajinatif yang inovatif.

2. Desain Emoji 

2021, saatnya menunjukkan sisi emosional kamu dengan munculnya emoji khusus. Emoji yang lucu dan menyenangkan bisa menarik perhatian kamu dan membuat kamu senyum-senyum. 

3. Desain Yang Terinspirasi dari Alam

Motif desain ini biasanya terinspirasi alam – daun, pohon dan bunga, palet warna alami. Sesuai dengan tren minimalis, palet warna kalem, ilustrasi, ada filter warna yang didesain untuk menciptakan suasana natural, tekstur yang menonjolkan kayu, batu, dll.

Kualitas esensial alam cocok untuk semua desain, semua teknik, dan semua bidang komersial. Ini merupakan berkah bagi para desainer bahwa sumber inspirasi ini menjadi tren yang diinginkan masyarakat tahun 2021.

4. Desain Ilusi Optik

Menerobos batasan dengan desain ilusi optik pada tahun 2021. Gaya yang sangat trendi ini akan membuat kamu terpesona sekaligus terhipnotis. Jika merek kamu memiliki sesuatu yang berhubungan dengan keanehan atau spiritualitas, tetapi bahkan jika kamu hanya ingin desainnya menonjol, tertanam di pikiran, maka desain ilusi layak dipertimbangkan.

5. Desain Tipografi 3D

Prediksi di tahun 2021 adalah desain tipografi yang populer pada tahun 2020 akan bertransformasi menjadi 3D. Huruf ultra-realistis yang terasa seakan-akan kamu dapat menjangkau dan menyentuhnya. Di samping 3D ini terdapat elemen animasi, tekstur, dan pola.

6. Ilustrasi Kartun

Siapa yang tidak suka kartun? Jenis desain ini masih banyak disukai oleh banyak orang. Ilustrasi kartun bersifat variatif, mudah beradaptasi, imajinatif tetapi menambah keceriaan, dan menimbulkan senyuman. Sempurna untuk branding agar mudah diingat.

7. Gold Design

Desain dengan efek metalik sedang dan akan menjadi tren di 2021. Desain jenis ini sudah populer di desain produk, lihat smartphone terbaru, fashion ini akan menjadi ciri tren desain 2021. Mereka sangat cocok untuk desain minimalis.

Designer telah berhasil bereksperimen dengan tampilan metalik yang berbeda seperti perak, kuningan, dan timah tetapi emas tetaplah sang ayah. Emas memamerkan semua variasi desain metalik, matte, mengkilap, efek cahaya reflektif, emboss, tergores, dan terpotong. 

8. Voxel Art

Voxel adalah kubus 3D, pada dasarnya adalah versi 2d dari piksel 2D. Kamu bisa lihat voxel pada game seperti Minecraft dan gayanya dapat langsung kamu kenali, hampir seperti balok lego. Penggunaan elemen voxel membentuk kreasi yang lebih menarik, sehingga ikut serta dalam tangga mode di tahun 2021. Seni voxel merupakan sebuah teknik yang sangat visual, kesederhanaan dan daya tarik retro yang sedikit kekanak-kanakan namun sangat modern.

9. Monokrom & Duotone

Dengan palet warna dan desain yang sederhana tapi bisa menghadirkan desain yang kuat. Tampilan Monochrome pada desain grafis membuat kesan elegan, sehingga membuat banyak orang menyukainya. Duotone menampilkan karya yang juga gak kalah elegan, dengan perpaduan hanya dengan dua warna saja dapat membuat mata kita menyukai karya duotone.

10. Bentuk Geometris

Tren desain bentuk geometris adalah sesuatu yang diperkirakan hanya muncul sementara waktu, tetapi sepertinya akan mencapai puncaknya pada tahun 2021. 

Itulah beberapa tren desain di tahun 2021 yang telah kami rangkum. Semoga bisa menjadi referensi kamu dalam desain maupun kebutuhan lainnya.

 

Artikel Terkait :

Jika kamu memiliki masalah tentang bisnis kamu atau ingin berkonsultasi mengenai jasa Design yang tepat bagi brand kamu, feel free untuk menghubungi kami di website resmi kami creativedesign.id dan konsultasikan masalah kamu secara GRATIS

Leave a Reply

Chat kami...
1
Butuh bantuan...?
Hi...
Jika Anda butuh bantuan, Chat kami disini ya...!!!