Skip to main content

Optimasi penelusuran adalah strategi pemasaran penting untuk merek yang mencoba menarik perhatian, dan mengarahkan audiens ke website kita agar bisnis online kita bisa berkembang. Namun, optimasi penelusuran bisa menjadi strategi yang sulit untuk dikelola jika kamu bahkan tidak tahu tentang perbedaan SEO dan SEM itu sendiri.

Sekilas seperti sama, tetapi keduanya adalah pendekatan yang sangat berbeda untuk optimasi penelusuran. Jika kamu menggunakan istilah SEM dan SEO secara bergantian dan tidak mengetahui perbedaan di antara keduanya, kamu tidak akan dapat mengkomunikasikan strategi yang jelas dan efektif untuk meningkatkan visibilitas kamu dalam mesin pencarian.

Artikel ini akan memberi kamu pemahaman yang jelas tentang definisi dan perbedaan di antara SEO dan SEM. 

Apa itu SEO?

SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi untuk menaikkan traffic ke website kamu secara organik agar website kamu berada di tampilan depan mesin pencarian. 

Apa itu SEM?

SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing yang berarti bentuk pemasaran di internet melalui kegiatan promosi website dengan cara meningkatkan visibilitas website itu sendiri di halaman hasil pencarian mesin telusur semacam Google (SERP).

Perbedaan SEO dan SEM

Saat kamu membandingkan SEM vs. SEO, kamu akan menemukan bahwa keduanya memiliki perbedaan yang memisahkan keduanya. Dilansir dari www.niagahoster.co.id, terdapat 7 perbedaan antara SEO dan SEM. Berikut perbedaannya:

Terdapat Ikon “Iklan” di Hasil Pencarian SEM

Hasil pencarian dari penerapan SEM atau SEO itu berbeda. Iklan berbayar yang muncul dari penerapan SEM dianggap sebagai iklan. Sementara, hasil pencarian dari SEO tidak ada embel-embel iklan di bawahnya.

SEM Berbayar dan SEO Gratis

SEM adalah iklan berbentuk PPC. Sehingga kamu harus punya anggaran untuk SEM agar iklan bisa terus ditampilkan. Sementara SEO adalah strategi yang bisa kamu terapkan tanpa perlu mengeluarkan biaya atau bisa dibilang secara organik.

SEM Bisa Memilih Target Audience

Memang, baik SEO dan SEM bertujuan agar bisa memahami audiens lebih baik. Tapi, kamu hanya bisa memilih target audiens dengan SEM. Pada SEM, kamu bisa memilih hasil pencarian ditampilkan untuk audiens berdasarkan umurnya, lokasi, dan masih, jenis kelamin, dll.

Hasil SEM Lebih Cepat Dibanding SEO

SEM tidak langsung muncul seketika kamu memasangnya, karena tetap butuh proses dan persaingan dengan pemasang iklan lainnya. Tapi, proses ini relatif lebih cepat dibandingkan SEO. 

Kamu juga bisa mematikan SEM sewaktu-waktu dan menghidupkannya lagi sesuka kamu. Sedangkan SEO, merupakan strategi yang membutuhkan waktu untuk melihat hasilnya dan bisa membaik atau memburuk seiring waktu tergantung banyak faktor.

SEM Lebih Baik untuk Testing, Sedangkan SEO Tidak

Kamu bisa langsung mematikan atau menghidupkan iklan pada SEM. Jadi, bisa menjadi salah satu cara untuk testing apakah strategi marketing kamu sudah diterima dengan baik oleh audiens. 

Dengan SEM kamu bisa merevisi judul iklan, mengganti target audiens atau merubah konten dari landing page untuk keperluan testing.  kamu tidak bisa melakukan hal yang sama pada SEO karena membutuhkan waktu terlalu lama untuk mendapatkan hasil dan melihat perbedaannya.

SEO Bagus untuk Jangka Panjang

SEM itu hanya aktif selama kamu membayar iklan untuk tampil di hasil pencarian. Sekali kamu mematikan iklan tersebut, maka strategi SEM kamu sudah berakhir. SEO justru sebaliknya. Sebab, SEO ini adalah strategi yang berkembang seiring waktu dengan hasil yang bisa bertahan lebih lama pula.

Potensi CTR SEO Lebih Tinggi Dibanding SEM

Berdasarkan studi AWR, tiga pencarian teratas itu mendapatkan CTR terbanyak. Jadi, apabila hasil pencarian kamu bisa berada di posisi atas, kemungkinan SEO bisa mengalahkan iklan SEM. Namun, jika posisi kamu di luar tiga besar atau bahkan di halaman dua, kemungkinan CTR SEM yang akan lebih banyak.

 

Artikel Terkait :

Jika kamu memiliki masalah tentang bisnis kamu atau ingin berkonsultasi mengenai jasa Design yang tepat bagi brand kamu, feel free untuk menghubungi kami di website resmi kami creativedesign.id dan konsultasikan masalah kamu secara GRATIS

Leave a Reply

Chat kami...
1
Butuh bantuan...?
Hi...
Jika Anda butuh bantuan, Chat kami disini ya...!!!