Langkah-langkah Memulai Desain Grafis bagi Pemula

Pada zaman sekarang, kebutuhan terhadap desain grafis menjadi meningkat. Pasalnya, hampir setiap jenis bisnis memerlukan desain grafis sebagai alat promosi untuk menarik pelanggan. Mulai dari pembuatan brosur, web, spanduk, sosial media, dan lainnya.

Desain grafis saat ini memiliki peran yang sangat penting dalam membantu pemasaran kamu, terutama pemasaran melalui media online. Dengan desain yang menarik, calon pelanggan kamu akan lebih tertarik untuk melirik bisnis yang sedang kamu jalankan. Sehingga dapat meningkatkan omset penjualan kamu.

Jika kamu masih memiliki bisnis yang kecil-kecilan dan belum bisa untuk mempekerjakan orang lain sebagai desainer, kamu bisa melakukannya sendiri. Karena, desain grafis dapat dipelajari secara otodidak. Simak penjelasannya yuk!

Semangat Adalah Kunci!

Kamu harus memiliki semangat atau hasrat dalam melakukan sesuatu, agar kamu bisa melakukannya dengan baik. Hal ini sangat penting sekali, karena kamu akan menyukai apa yang kamu lakukan, sehingga dapat berkembang dengan pesat. Jika kamu suka mencoret-coret atau melihat-lihat tata letak majalah, bermain-main dengan warna, pola, dan yang terpenting tertarik pada seni dan keindahan, mungkin kamu memang sudah punya bakat, jadi kamu tinggal mengembangkannya.

Kuasai Aplikasi Desain – Satu Aplikasi pada Satu Waktu!

Selain kreativitas, sebagai desainer juga kamu harus menguasai aplikasi atau software khusus desainer. Ada banyak software seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, CorelDraw, atau lainnya. Tapi perlu diingat, pilih salah satu software untuk dipelajari terlebih dahulu sebelum beralih ke software yang lain. Karena jika belajar sekaligus, kamu kemungkinan akan frustasi dan kehilangan semangat.

Kumpulkan Referensi

Kalau kamu sangat menyukai desain, kamu harus mengumpulkan referensi setidaknya 5-10 menit sehari. Semakin banyak dan bagus referensi yang kamu pelajari, semakin bagus juga desain kamu. Jadi, cobalah cari tahu kenapa referensi tersebut bisa menarik perhatian kamu.

Salin dan Buat Ulang

Dari referensi yang sudah dikumpulkan, kamu bisa membuat ulang atau membuat replika desain tersebut. Secara tidak langsung, hal ini akan mengasah kemampuan kamu dalam desain dan menambah inspirasi desain kamu. Tapi, jangan menjual hasil replikasi ini ya! Karena kamu bisa dikenai hukuman hak cipta karena menduplikat karya orang lain. Ingat! Ini hanya untuk pembelajaran agar kemampuan kamu dalam desain menjadi berkembang.

Terus Mencoba Dan Belajar

Apa kamu ingat tentang peribahasa “Practice Makes Perfect”? Hal ini seratus persen benar lho. Kamu harus terus berlatih dan belajar tentang tren desain seiring berjalannya waktu. Percayalah, proses itu tidak pernah menghianati hasil. Selain itu, kamu juga bisa menerima kritik dan saran dari orang lain agar kemampuan desain kamu terus berkembang. Kritik dan saran juga akan membantu kamu untuk menilai desain dan gaya seperti apa yang diminati oleh banyak orang atau masyarakat luas.

Kamu bisa lakukan langkah-langkah di atas agar bisa memulai desain grafis. Sehingga, bisnis yang kamu jalankan akan semakin menarik. Bagaimana? Sudah tertarik belajar desain?

Artikel Terkait :

Jika kamu memiliki masalah tentang bisnis kamu atau ingin berkonsultasi mengenai jasa Design yang tepat bagi brand kamu, feel free untuk menghubungi kami di website resmi kami creativedesign.id dan konsultasikan masalah kamu secara GRATIS

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Chat kami...
1
Butuh bantuan...?
Hi...
Jika Anda butuh bantuan, Chat kami disini ya...!!!