Skip to main content

Facebook Ads dan Google Ads, banyak sekali pebisnis yang melihat dua produk periklanan tersebut sebagai pesaing. Salah satu hal yang sering dipertanyakan oleh para pebisnis online adalah “Iklan Google atau iklan Facebook, mana yang tepat untuk bisnis saya?”. Untuk mengetahui jawabannya, mari kita kupas bersama-sama.

Banyak bisnis memanfaatkan kekuatan beriklan di Google dan Iklan Facebook secara bersamaan untuk mencapai visibilitas maksimum, meningkatkan prospek dan penjualan, dan menemukan pelanggan baru, mengadopsi strategi berbeda yang selaras dengan fungsionalitas setiap platform dan mendapat laba luar biasa atas hasil iklan mereka. 

Keduanya sama-sama unggul dalam memberikan hasil karena dalam hal periklanan online, Google Ads dan Facebook Ads mendominasi industri.

Jika kamu ingin menjangkau pelanggan, maka jaringan pencarian Google atau beranda Facebook adalah tempat yang tepat. Pertimbangkan ini: Facebook saat ini memiliki 2,3 miliar pengguna aktif bulanan, menjadikannya sarang aktivitas pengguna. Google Ads menjangkau miliaran orang setiap hari melalui penelusuran, email, dan aktivitas online lainnya.

Tetapi ketika berbicara tentang pengalokasian anggaran iklan dan kamu diharuskan memilih platform mana yang harus kamu pilih, Iklan Google atau iklan Facebook? Mana yang tepat untuk bisnis kamu? Apakah harus pakai keduanya? Nahh, kamu harus tahu dulu mana yang perlu dipertimbangkan. Mari kita ulas sekarang juga!

Perbedaan Facebook Ads dan Google Ads 

  1. Iklan Facebook: Sosial Berbayar. Iklan Facebook adalah contoh utama dari apa yang dikenal sebagai “sosial berbayar”, atau praktik beriklan di jejaring sosial. Dengan jumlah pengguna aktif bulanan tertinggi dari jaringan sosial manapun di dunia, Facebook telah menjadi platform yang sangat kompetitif dan berpotensi menguntungkan dari banyak strategi periklanan digital bisnis.
  2. Google AdWords: Penelusuran Berbayar. Google AdWords adalah platform periklanan PPC terbesar dan terpopuler di dunia. Pencarian berbayar berfokus pada penargetan kata kunci dan penggunaan iklan berbasis teks. Pengiklan menggunakan tawaran AdWords pada kata kunci dan frase tertentu yang termasuk dalam permintaan pencarian yang dimasukkan oleh pengguna Google dengan harapan bahwa iklan mereka akan ditampilkan di samping hasil pencarian untuk permintaan tersebut.
  3. Dibandingkan dengan Google AdWords, Iklan Facebook telah menyempurnakan dan meningkatkan solusi periklanannya selama beberapa tahun. Saat ini, Iklan Facebook adalah pelopor dalam bidang sosial berbayar dan telah menjadi bagian sentral dari banyak strategi pemasaran digital bisnis.
  4. Sebagai mesin pencarian yang paling populer dan banyak digunakan di dunia, Google dianggap pemimpin de facto dalam periklanan online. Menyajikan lebih dari 3,5 miliar kueri penelusuran setiap hari, Google menawarkan kepada pengiklan akses ke pengguna potensial yang belum pernah ada sebelumnya dan tak tertandingi yang secara aktif mencari barang dan jasa.
  5. Sekarang kita sampai pada perbedaan utama antara Google AdWords dan Iklan Facebook, kamu dapat memikirkannya seperti ini: AdWords membantu kamu menemukan pelanggan baru, sementara Facebook membantu pelanggan baru menemukan kamu.

Jadi, mana yang lebih baik?

Baik Iklan Facebook dan Google AdWords adalah platform periklanan yang sangat kuat yang melayani hampir semua jenis bisnis. Saat mengevaluasi setiap kekuatan solusi dan potensi aplikasi, terlihat juga bahwa kedua platform harus dilihat dengan cara yang saling melengkapi, bukan bermusuhan.

Memanfaatkan kekuatan penelusuran berbayar dan sosial berbayar adalah strategi periklanan yang sangat efektif. Namun, hal itu membutuhkan strategi periklanan ganda yang selaras dengan kekuatan masing-masing platform. Meskipun perpesanan pemasaran dapat dan boleh dibilang harus tetap konsisten di Iklan Facebook dan Google AdWords, penting untuk memahami cara terbaik menggunakan setiap platform untuk keuntungan maksimum dan pertumbuhan bisnis yang lebih besar.

 

Artikel Terkait :

Jika kamu memiliki masalah tentang bisnis kamu atau ingin berkonsultasi mengenai jasa Design yang tepat bagi brand kamu, feel free untuk menghubungi kami di website resmi kami creativedesign.id dan konsultasikan masalah kamu secara GRATIS

Leave a Reply

Chat kami...
1
Butuh bantuan...?
Hi...
Jika Anda butuh bantuan, Chat kami disini ya...!!!