Skip to main content

Internet merupakan hal yang luar biasa yang kita kenal saat ini. Hampir setiap saat kita berkutat dengan internet. Baik itu untuk hiburan, pekerjaan, ataupun untuk mengasah kreativitas dan jiwa wirausaha sehingga dapat menghasilkan uang melalui internet. 

Bisnis online saat ini menjadi marak terjadi, karena kita dapat melakukan transaksi atau penjualan hanya melalui gadget. Selain itu munculnya platform seperti web dan media sosial sangat berpengaruh terhadap pebisnis online. Platform tersebut dapat menjangkau banyak orang untuk bisnis kita. 

Memulai bisnis bukan seperti memasak mie instan, yang hanya perlu beberapa menit untuk mendapat hasil yang lezat. Kamu perlu memperhatikan beberapa hal untuk mengenalkan bisnis kamu pada platform yang terbesar dan mencapai audiens yang tepat.

Berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan bisnis online:

 

1. Tentukan Rencana Bisnis Kamu!

Sebelum memulai bisnis online, kamu harus mencari tahu rencana bisnis yang sesuai. Perencanaan bisnis yang tepat sangat penting untuk kesuksesan bisnis kamu. Rencana bisnis kamu harus mencakup list apa saja yang dibutuhkan dalam memulai bisnis. Seperti, modal, produk, hingga hal teknis lain yang dibutuhkan. Dan promosi apa yang akan dilakukan kedepan nanti, bisa juga dengan memikirkan strategi bisnis yang akan dijalankan.

 

2. Fokus pada Pelanggan dan Pahami Pasar

Untuk mengubah bisnis apa pun menjadi sukses, sangat penting untuk menguasai keterampilan pemasaran dan penjualan. Kamu harus tahu tentang demografi, psikografis, dan kebiasaan membeli pelanggan potensial kamu. Kamu juga harus memperhatikan pesaing kamu, bagaimana mereka melakukan bisnis pada web dan media sosial. Strategi ini akan membantu kamu memahami skenario pasar.

 

3. Mulailah dengan Pelayanan, Baru Beralih ke Produk

Memulai bisnis online berarti memiliki lebih banyak waktu daripada uang. Jadi, selalu disarankan untuk memulai dengan pelayanan sebelum benar-benar memikirkan suatu produk. Kenali pelanggan kamu dengan lebih baik. 

 

4. Pilih Produk Yang Tepat

Bahkan setelah menguraikan ide bisnis dan mencari tahu inti bisnis kamu, penting bagi kamu untuk tahu secara spesifik tentang jenis produk yang akan kamu jual. Ini adalah informasi yang sangat penting bagi semua individu yang ingin meluncurkan bisnis mereka secara online, pilih produk yang tepat. Jika kamu bukan produsen produk, jadilah reseller dan pilih pemasok yang kompeten untuk memenuhi tujuan tersebut bagi kamu.

 

5. Nama Domain dan Web Address

Setelah kamu selesai memetakan ide bisnis dan memilih produk, kamu bisa beralih ke penyedia hosting. kamu dapat melanjutkan untuk membuat situs web kamu sendiri dan memulai bisnis online kamu. Jika kamu tidak memiliki pengalaman yang luas tentang nama domain dan lokasi situs, bertanyalah pada ahlinya. 

 

6. Periklanan Adalah Kunci!

Strategi periklanan yang terencana dengan baik akan menjadi kunci untuk kesuksesan bisnis kamu. Setelah ide dan produk siap untuk dijual, kamu perlu memberi jalan untuk pemasaran yang tepat serta strategi periklanan untuk mempromosikan bisnis kamu. Hal ini akan membantu kamu mengembangkan bisnis kamu ke level lebih tinggi.

 

7. Gunakan Media Sosial untuk Pemasaran Kamu

Saat ini, beberapa platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram digunakan untuk memasarkan dan mempromosikan berbagai ide bisnis. Dengan menggunakan platform yang disediakan oleh media sosial, kamu dapat dengan mudah menjangkau pelanggan target kamu.

 

8. Selalu Perhatikan Aktivitas Bisnis Kamu

Terakhir, kamu harus terus mencari tahu semua cara dan sarana yang dapat digunakan untuk mempertahankan bisnis kamu secara sehat. Untuk tujuan ini, kamu harus memperhatikan semua jenis aspek teknis bisnis online kamu seperti pemeliharaan situs web, strategi promosi, pengelolaan inventaris perusahaan, termasuk membuat keputusan tentang produk baru dan produk yang dihentikan, pengenalan diskon, perencanaan strategi baru, dll.

Setiap ide bisnis memiliki jalan kesuksesannya masing-masing. Kamu perlu menetapkan cara yang tepat dan konsisten agar bisnis kamu terus berjalan dan berkembang. 

 

Artikel Terkait :

Jika kamu memiliki masalah tentang bisnis kamu atau ingin berkonsultasi mengenai jasa Design yang tepat bagi brand kamu, feel free untuk menghubungi kami di website resmi kami creativedesign.id dan konsultasikan masalah kamu secara GRATIS

2 Comments

  • I was excited to discover this website. I want to to thank you for your time for this wonderful read!! I definitely liked every part of it and i also have you book-marked to look at new things on your website.

  • Good post. I learn something totally new and challenging on blogs I stumbleupon every day. It will always be interesting to read through articles from other writers and use a little something from other sites.

Leave a Reply

Chat kami...
1
Butuh bantuan...?
Hi...
Jika Anda butuh bantuan, Chat kami disini ya...!!!